Live Chat Software
Jadwal Training & Seminar Danareksa Sekuritas
ETF

Definisi

ETF atau Exchange Traded Fund merupakan Kontrak Investasi Kolektif yang unit penyertaannya dicatatatkan dan diperdagangkan di Bursa.

Perbedaan ETF dengan Reksa Dana Open Ended

  1. ETF diperdagangkan di Bursa selama jam bursa, sedangkan Reksa Dana Open Ended diperdagangkan melalui MI atau agen penjual.

  2. Tidak ada minimum investasi untuk ETF, tidak seperti pada Reksa Dana Open Ended yang tergantung dari masing-masing jenis Reksa Dana nya.

  3. Harga ETF khusus untuk Reksa Dana ETF LQ45 mengikuti tren kenaikan atau penurunan indeks LQ45 dan terdapat premium / discount atas bid / offer untuk disesuaikan dengan permintaan pasar, sedangkan Reksa Dana Open Ended harganya ditentukan oleh NAB (Nilai Aktiva Bersih).

  4. Pengumuman harga ETF ditampilkan secara berkesinambungan selama jam perdagangan di Bursa Efek, sedangkan Reksa Dana Open Ended diumumkan satu kali oleh Manajer Investasi berdasarkan perhitungan NAB.

  5. Hampir semua ETF memiliki market maker (liquidity provider), sedangkan Reksa Dana Open Ended tidak.

  6. Beberapa ETF memiliki option dan atau future atas underlying berupa indeks atau ETF itu sendiri, sedangkan Reksa Dana Open Ended tidak.