Live Chat Software
Berita Dan Riset Terbaru
Artikel
Cara Investasi Saham Yang Efektif Bagi Pemula
October 04, 2016 09:14

Sebagai pemula dalam bisnis trading, pasti kita akan bertanya banyak tentang apa saja yang ada dalam bisnis trading ini. Apalagi hal utama yang akan kita hadapi dalam bisnis trading ini adalah tentang jual beli saham. Untuk itu bagi para pemula harus paham tentang cara berinvestasi saham yang efektif.

Namun sebelum kita mengetahui cara berinvestasi saham yang efektif, maka kita harus tahu dulu apa saja yang ada dalam bisnis trading ini. Beberapa istilah yang akan kita hadapi adalah saham, perusahaan, pasar sekuritas, Bursa Efek, emiten, dan masih banyak istilah lain yang perlu dipahami.

Berawal dari saham yang merupakan instrumen finansial sebagai pertanda bahwa kita ikut andil dalam kepemilikan modal dari sebuah perusahaan. Saham ini akan diperdagangkan di Bursa Efek. Sedangkan asal dari saham itu sendiri adalah dari emiten. Emiten adalah perusahaan yang menawarkan saham. Banyak bentuk emiten yang ada, misalnya jenis perusahaan PT dengan label Tbk atau terbuka salah satunya.

Lalu cara kerja para pebisnis trading adalah mengikuti mekanisme kerja pasar modal untuk mendapatkan keuntungan setinggi-tingginya. Dalam proses pengembangan bisnisnya, akan ada 2 opsi untuk memperoleh tambahan modal, yaitu yang pertama adalah meminta emiten untuk menyuntikkan dana lagi atau mengajukan peminjaman dan dari bank.

Kemudian fungsi dari bursa efek sendiri adalah sebagai perantara bagi emiten yang kekurangan modal dengan para investor yang kelebihan modal.

Cara berinvestasi saham yang efektif
investasi saham online
1. Menyiapkan dana
Hal pertama yang harus dilakukan oleh para pemula dalam bisnis trading ini adalah menyiapkan modal yang cukup. Ini merupakan cara berinvestasi saham yang inti dalam melakukan bisnis trading ini. Para pemula tidak perlu khawatir kalau modal yang diperlukan akan sangat besar. Karena sebenarnya modal yang diperlukan sangatlah kecil, yaitu antara Rp 1.000.000,00 sampai dengan Rp 5.000.000,00 saja.

2. Memilih broker
cara berinvestasi saham yang kedua bagi para pemula adalah memilih broker yang akan berfungsi sebagai perantara dan mitra kerja dalam menemukan saham yang menguntungkan. Setidaknya ada 115 broker yang terdaftar dalam situs bursa Efek Indonesia. Para pemula dapat menemukan broker sesuai dengan kebutuhan.

3. Mendaftar ke broker saham
Cara berinvestasi saham yang selanjutnya adalah mendaftar ke broker saham dengan cara melakukan panggilan via telepon atau bisa mengirim email. Atau dengan mendatangi BEI secara langsung.

4. Perdalam pengetahuan tentang investasi dan trading
Cara berinvestasi saham ini adalah cara yang penting karena kita harus memiliki banyak ilmu tentang trading sehingga kita bisa melakukan trading dengan lancar.

5. Memperjualbelikan saham
Setelah banyak tahu tentang dunia trading maka kita akan bisa melakukan perdagangan saham dengan lancar. Para trader harus berhadapan dengan laptop miliknya untuk melakukan transaksi secara online.

Hal utama yang harus dilakukan dalam menjalankan cara berinvestasi saham yang efektif adalah dengan mencari banyak informasi tentang dunia trading. Karena secara tidak langsung akan banyak hal yang akan dihadapi dalam proses trading. Sehingga para trader harus benar-benar mempersiapkan diri dengan matang.