Live Chat Software
Berita Dan Riset Terbaru
Danareksa News
Rupiah Melemah, Danareksa Minta Pemerintah Awasi Kartel
February 16, 2015 10:38

Kepala Riset Danareksa (Danareksa Research Institute) Purbaya Yudi Sadewa menilai fluktuatif nilai tukar rupiah yang melemah tidak bisa diatasi dengan  membatasi impor. Jika impor dibatasi kata Yudi akan menimbulkan banyak masalah di dalam negeri.

"Kalau proteksi impor dilakukan untuk membangkitkan nilai tukar rupiah kita, itu tidak efektif juga dilakukan. Menurut saya jika dilakukan akan menimbulkan banyak spekulasi-spekulasi dan akhirnya jadi masalah dalam negeri," ujar Yudi dalam perbincangan ekonomi bersama Radio Republik Indonesia di Jakarta, Jumat (13/2/2015).

Untuk itu beliau menyarankan pemerintah hendaknya mengawasi para kartel-kartel bisnis dalam negeri, untuk mengendalikan perekonomian nasional agar stabil bahkan berkembang.

"Saran saya, kartel atau pedagang-pedagang besar mesti diperbaiki. Karena kartel sangat berbahaya dan merugikan para petani. Kartel mematok harga sendiri yang akhirnya perekonomian tidak stabil," sarannya. 

Seperti diketahui pelemahan nilai tukar rupiah yang terjadi belakangan ini belum signifikan. Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi nilai tukar rupiah terhadap dollar. Di antaranya, faktor ekonomi, faktor isu, atau faktor luar. (LS/BCS) Sumber