Live Chat Software
Berita Dan Riset Terbaru
Market Data
Preview IHSG 20 Januari 2015
January 20, 2015 08:06

Bursa Asia cenderung positif, kecuali bursa Tiongkok jelang rilis GDP Q4 2014 Tiongkok. IHSG sendiri naik tipis 0,07 persen ke level 5,152.09. Pelaku pasar memprediksi ekonomi Tiongkok akan tumbuh 7,2 persen dikuartal keempat tahun ini, atau melambat dari kuartal sebelumnya sebesar 7,3 persen. Bursa AS ditutup Senin lalu, memperingati Martin Luther King Jr. Day. Sejumlah rilis ekonomi AS diantaranya adalah indeks kepercayaan konsumen (IKK), laju inflasi dan output manufaktur AS. IKK awal yang diterbitkan oleh University of Michigan/Thomson Reuters naik dibulan Januari menjadi 98,2 dari level 93,6 dibulan Desember, atau mencetak rekor tertinggi sejak 2004. Menguatnya ekspektasi terhadap kenaikan pendapatan menjadi pemicu utama optimisme konsumen yang makin meningkat.

Laju perubahan harga barang dan jasa di AS cenderung turun sebesar 0,4 persen MoM dibulan Desember, setelah dibulan sebelumnya juga menurun 0,3 persen MoM. Dibandingkan periode yang sama tahun lalu (% YoY), laju inflasi AS melambat dari level 1,3 persen menjadi 0,8 persen. Turunnya harga energi khususnya BBM menjadi penggerak utama inflasi yang stabil. Indikator ekonomi AS lainnya adalah melambatnya output produksi manufaktur AS bulan Desember, yang hanya tumbuh 0,3 persen dari pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 1,3 persen. Perlambatan ini merupakan dampak menguatnya mata uang dolar AS dan pasar ekspor AS yang melemah.

Pagi ini mayoritas bursa Asia dibuka variatif. Harga minyak Brent turun kelevel US$ 48,85/barel, dan emas melemah kelevel US$ 1.276/troy ounce.