Live Chat Software
Berita Dan Riset Terbaru
Reksadana
Danareksa Indeks Syariah : Reksa Dana Dengan Karakter Khusus
November 25, 2013 11:26

Seperti yang dipahami oleh para investor, diversifikasi investasi sudah menjadi konsep yang direkomendasikan. Secara umum, konsep ini mungkin dipahami sebagai bentuk alokasi investasi dalam aset yang berbeda-beda seperti saham atau obligasi.

Namun di dalam masing-masing aset tersebut, diversifikasi pun tetap dapat dilakukan di antara aset yang memiliki karakter khusus. Misalnya, selain berinvestasi pada reksa dana saham berkapitalisasi besar, investor juga dapat berinvestasi pada reksa dana indeks atau juga reksa dana dengan tema tertentu.

Dalam hal diversifikasi investasi, Danareksa Investment Management (DIM) telah memahami pentingnya diversifikasi investasi dalam reksa dana dengan karakter tertentu, antara lain melalui Danareksa Indeks Syariah (reksa dana indeks).

Danareksa Indeks Syariah

Produk Danareksa Indeks Syariah merupakan reksa dana saham yang berinvestasi pada saham-saham emiten yang ada di dalam Jakarta Islamic Index (JII) sebagai acuannya. Sesuai dari namanya, Danareksa Indeks Syariah dikemas sebagai reksa dana indeks atau index fund.

Sebagai sebuah reksa dana, index fund memiliki tujuan investasi bukan untuk outperform indeks acuan, namun untuk mengikuti secara penuh (tracking) pergerakan dari indeks acuannya tersebut. Sejarahnya, index fund pertama kali diciptakan oleh perusahaan Vanguard (salah satu manajer investasi ternama di Amerika Serikat) pada tahun 1975 yang diperuntukkan bagi investor konservatif yang tidak ingin investasinya jatuh lebih dalam dari market ketika koreksi, dan juga sudah cukup happy ketika portofolionya naik sesuai market. Otomatis, konsep produk investasi yang mengikuti index-lah yang dianggap paling cocok. Lahirlah reksa dana Vanguard Index Trust yang men-tracking pergerakan indeks S&P 500 di tahun tersebut.

Dari karakter reksa dana indeks diatas, dapat dikatakan Danareksa Indeks Syariah memiliki kelebihan sebagai reksa dana yang pergerakan sahamnya transparan mengikuti indeks. Investor tidak perlu merasa risau apakah produk ini akan outperform jauh di atas indeks atau mendadak jatuh underperform di bawah indeksnya.

John Bogle, pendiri dari Vanguard di atas, pernah mengatakan, “Secara umum, index fund berpotensi untuk outperform dibandingkan conventional fund lain.” Mungkin ada benarnya juga teori tersebut. Berdasarkan data Bloomberg di bawah per 20 November 2013, Danareksa Indeks Syariah yang memiliki korelasi 100% dengan JII sebagai indeks acuannya, ternyata menunjukkan kinerja yang lebih baik dibandingkan salah satu kompetitor terdekatnya. Di tengah fluktuasi pasar modal yang bergejolak dalam beberapa bulan terakhir ini, Danareksa Indeks Syariah (beserta JII yang menjadi acuannya) ternyata masih memberikan return yang cukup kompetitif, sebagaimana tabel dibawah ini:

Sumber: Bloomberg

Karakter khas lain dari Danareksa Indeks Syariah adalah, produk ini dikelola dengan mengikuti kaidah Syariah. Di dalam pemilihan instrumen reksa dana Syariah, Manajer Investasi menganut prinsip Syariah yakni hanya membeli instrumen investasi yang termasuk dalam Daftar Efek Syariah (DES) yang disusun oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS).

Oleh karena itu, Danareksa Indeks Syariah juga menjadi sarana investasi bagi investor yang ingin berinvestasi sesuai dengan keyakinannya. Namun tentu saja produk ini terbuka bagi semua investor karena prinsip ekonomi Syariah merupakan prinsip ekonomi universal yang mengedepankan prinsip kejujuran, keadilan dan manfaat bagi sesama.

Salam Investasi