Ilustrasi IHSG

Ilustrasi IHSG (Investor Daily / David Gitaroza)

Jakarta-Danareksa Sekuritas merekomendasikan saham ULTJ untuk diperhatikan oleh investor. Pasalnya, selama 40 tahun kehadirannya di Indonesia Ultrajaya (ULTJ) telah mendominasi pangsa pasar susu UHT dan teh UHT di Tanah Air.

Di segmen pasar tersebut, perseroan menguasai pangsa pasar sebesar 50 persen dan 60 persen, dipelopori oleh dua merek andalannya yakni Ultra Milk dan Teh Kotak.

Perseroan terus berupaya keras untuk mempertahankan dominasinya di pasar dengan memastikan ketersediaan bahan baku dengan memiliki peternakan sendiri guna memenuhi kebutuhannya. Selain itu, perseroan juga berencana membuka areal baru di Sumatera.

Selain itu, perseroan juga akan menambah varian minuman siap saji di pasar teh Indonesia yang akan memperkuat kehadiran perseroan di pasar minuman Indonesia.

Kendati perseroan mendapatkan pasokan bahan baku dengan harga yang relatif murah sehingga margin perusahaan di kuartal pertama 2015 cukup kuat, namun manajemen tetap bertahan dengan ekspektasinya yang moderat dan mengharapkan pertumbuhan margin kotor sebesar 30 persen pada tahun 2015. 

Riset Danareksa untuk ULTJ klik disini